Pages

Minggu, 13 Juli 2014

Yah setengah lagi...

Banyak cerita berbeda Ramadhan tahun ini, mulai dari harus pergi ke Bandung dari Ciamis hanya untuk pamitan ke ibu kos karena kosan nya abis, atau perasaan sedih karena kakek saya yang meninggal dunia; kemudian terlibat menjadi KPPS pemilihan presiden, dan melihat aksi "peduli palestina" yang mengingatkan saya beberapa tahun yang silam... dan Alhamdulillah ada beberapa hal yang saya rasakan lebih meningkat terutama dalam produktifitas ibadah (spiritual) dan juga sosial...

Banyak pesan yang saya dapat dari proses "membaca" saya tentang Ramadhan.. misalnya saja beberap tips ramadhan yang saya baca, dengar  dan tonton dari situs productivemuslim.. seperti
  • Ramadhan is the month of whorsip, not sleep!
  • Stay consistent during Ramadhan
  • Energizing duringyour fast with wudhu, salat, and Quran
  • Ramadhan is the month of sharing, not the mont of hoarding!!
  • Make the most of the last 10 days of Ramadhan with worship, not shoping!
  • Ramadhan is the month of mercy, not wresteling matches!

dan banyak lagi yang lainnya.. sehingga saya ngerasa kalo bulan Ramadhan ini cepet banget ... dah terasa udah setengah lagi... Dan ngomongin tentang Ramadhan yang udah setengah ini, saya terinspirasi puisi mas Muhammad Agung Wibowo dalam buku nya Tafakur "gado-gado simpang lima" yang diterbitkan Khazanah intelektual tahun 2005 tentang Ramadhan.. Saya hanya merubah kata-kata dan urutan nya saja, sesuai dengan apa yang saya fikirkan... seperti ini

Ramadhan setengah lagi
akankah mesjid kembali seperti dulu lagi?
berpenduduk lo lagi lo lagi
Benarkah jamaah mulai terseleksi?

Ramadhan setengah lagi
masih kah gembira bangun sebelum pagi
berdzikir panjang di gelap hari
bersantap sahur agar berenergi

Ramadhan setengah lagi
Tadarusan agak berhenti
Mulai terlihat iman di diri
mungkin palsu atau memang itu asli

Ramadhan setangah lagi
Ramadhan hendak pergi
mungkinkah kita akan jumpa lagi?
akankah ku jumpai lagi?

Semoga Allah memberikan ke istiqomahan untuk menjalankan puasa sampai akhir, mendapat lailatul qadar, dan tentunya derajat taqwa yang diidamkan oleh seluruh kaum muslimin.. Aamin..
Hasbunallah wanikmal wakil