Pages

Minggu, 26 Oktober 2008

PRIBADI SEHAT

Seorang pakar dalam Psikologi Carl Gustav Jung (1875-1969) menjelaskan bahwa pribadi yang sehat adalah pribadi yang memilki optimisme dan penuh harapan, serta mampu menerima apa yang tidak diketahui dan misterius. Proses tersebut ia sebut dengan proses individuasi, dimana pada proses itu seseorang bisa mengintegrasikan dirinya antara ketidaksadaran dengan kesadarannya, tidak adanya dominasi kepribadian ( dalam hal ini Jung membagi kepribadian menjadi empat dimensi, yaitu Intropet, Ekstropet, Feeling, dan Thinking, yang 4 dimensi itu bisa berkombinasi), serta mampu menerima sikap-sikap kodrati.

Sedikit saya simpulkan bawa pribadi yang sehat adalah pribadi yang bisa menerima apa yang ada pada dirinya (individuasi).

Lihatlah sekarang diri kita, sudahkah kita benar-benar menjadi orang yang memiliki pribadi sehat, sehingga bisa menerima segala apa yang ada pada diri kita, kemudian menjaganya dengan baik, dan menghasilkan hal-hal yang baik pula?

Dan (Ingatlah) tatkala tuhanmu memaklumkan "sesungguhnya jika kamu bersukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepada mu, dan jika kamu mengingkari (nikmatku), maka sesungguhnya azab ku sanagt pedih" (QS Ibrahim [14]:7)