Pages

Minggu, 29 Juli 2012

Aphorisma

Semangat itu kadang naik, kadang turun. Ketika semangat lagi naik,kadar produktifitas yang dilakukan biasanya tinggi. Sebaliknya, ketika semangat lagi kendor produktifitas itupun menurun. Sayang sekali karena dengan waktu yang tak produktif berarti kita telah menyiakan waktu kita. Karena itu kita memerlukan suntikan semangat yang bisa memacu semangat naik kembali. Salah satu usaha yang bisa kita lakukan untuk memotivasi diri adalah dengan bergaul bersama orang-orang yang optimis. Selain itu kita juga bisa mencari kata-kata penyemangat yang kemudian kita internalisasi untuk diri kita. Sebagai contoh, ketika saya sedang kurang semangat, biasanya saya berkunjung ke seseorang yang bisa memompakan semangatnya. Kemudian saya juga biasanya menuliskan kata-kata penyemangat dan saya simpan di tempat yang bisa dan biasa saya lihat (di laptop atau dinding). nah tulisan ini saya maksudkan untuk mengabadikan kata-kata yang sudah menjadi penyemangat saya; yang mudah-mudahan bisa bermanfaat. Berikut  kata-kata motivasi yang pernah saya pajang dan memenuhi dinding kamar dan laptop saya itu:

Keamanan bisa menimbulkan ketenangan dan kebahagiaan. Membangun keamanan bisa dilakukan dengan cara memberikan rasa aman kepada orang lain, dan menerima rasa aman yang diberikan orang lain.

Hati ibarat Bejana. Jika sudah berisi air, tak mungkin di isi cuka, tanpa mengeluarkan air terlebih dahulu (Al Ghazali). "Allah sekal-kali tidak menjadikan bagi seseorang dua buah hati dalam rongga nya (QS AL Ahzab [33]:4"

Orang yg berada dalam hubungan baik maka mereka bisa menjadi lebih kreatif, dan lebh efisien dalam mengambil keputusan.

Mendidik anak atau santri itu haruslah lahir batin. Tidak cukup lahr saja dengan mengandalkan kemampuan mendidik. Karena didikanmu hanyalah ikhtiar, dan yang sebenarnya menjadikan anak didik menjadi terdidik adalah Allah (K.H. Bisri Mustafa)

Mari membangun CINTA dengan wajar.. wajar itu kita  mencintai memang sesuatu yang mesti dicintai, dan dengan cara yang sesuai dalam mengungkap bahasa cinta, Jika tidak bisa TOLAKLAH itu...

Ada banyak Hal yang jauh LEBIH BAIK yang bisa saya lakukan daripada sekeddar PENYESALAN atas sesuatu yang tidak bisa saya lakukan... Mari mencari Bagian itu !

Makin seseorang menyibukan terhadap sesuatu hal, maka ia akan melupakan hal-hal lainnya... "Mari Menakar KADAR CINTA kita untuk Allah"


to be continued