Pages

Jumat, 20 Juli 2012

NASYID



Di balik ke tidak  tahuan itu… Ada banyak ilmu yang bersembunyi
Yang malu bertemu jika kita  malas menemui
Yang memberikan kemudahan jika kita pakai
Yang menerangi di saat kta ingin penerangan……

Siapa yang tidak kenal dengan Istilah musik? Dari  anak kecil sampai kakek-nenek pun tahu. Musik yang selalu menemani kehidupam sehari-hari, di televisi, di jalan-jalan, di tempat umum, bahkan tempat-tempat peribadatan pun alunan musik sering dimainkan. Di saat kita lahir kedunia pun, musik sudah menjadi perilaku pertama kita dalam menyambut dunia. Bahkan dengan musik pertama kita itu, orang-orang sekeliling kita tertawa bahagia.

Dakwah dengan kesenian termasuk seni musik merupakan satu kebutuhan saat ini. Sebab dakwah dengan media musik ini selain bermakna sebagai amar makruf nahyi munkkar, juga dalam rangka membangun kemampuan intuisi umat. Keuntungan dengan dakwah ini, tidak sebatas ber-amar makruf nahyi munkar, melainkan juga sebagai aktivitas olah rasa atau olah qalbu.

Pada masa rasulullah pun Nasyid serng dinyanyikan sebagai bentuk pemujaan terhadap Allah maupun terhadap Rasul-Nya seperti nasyid Thala’al badru yang dinyanyikan kaum Anshar dengan iringan musik rebana guna memuliakan kedatangan rombongan nabi Muhammad saw saat hijrah adri mekah ke madinah.

Di Indonesia sendiri budaya bermusik bukanlah sesuatu hal yang baru. Sunan Bonang salah satu penyebar islam di Indonesia memandang kesenian termasuk seni bunyi-bunyian sebagai benda yang lebih penting dari sebilah pedang.

Identitas musik Islam adalah musik yang memilki jiwa dan semangat penyerahana diri terhadap Allah swt. Sikap tersebut tidak hanya dilakukan di saat menciptakan, melainkan juga  saat menyajikannya, sebab Allah swt tidak menyukai sesuau yang berlebihan melainkan menyukai kebersajahajaan.

Jagala Hati janga kau kotori
Jagalah Hati lentara hidup ini
Jagalah hati jangan kau nodai
Jagalah ahti cahaya ilahi
Bila hati kian bersih
Fikiranpun akan jernih
Semangat hidup kan gigih
Prestasi mudah di raih
(aa Gym)

 Mari bernasyid, menebar kebaikan keseluruh plosok negeri kehidupan.