Pages

Jumat, 17 Mei 2013

24 Wajah Billy


Identitas Buku
Judul Buku                          : 24 Wajah billy
Penulis                               : Daniel Keyes
Penerbit                             : Qanita
Jenis Gangguan Psikologi       : Gangguan Kepribadian ganda

Ringkasan Kisah
Ketika membaca novel 24 wajah Biily, ada beberapa pertanyaan yang muncul dalam benak saya. "Bener gak ya kepribadian ganda itu bisa terjadi?" ; "kenapa itu muncul hanya di Negara barat?"; Dan mengapa arah dari kepribadian-kepribadian lain yang muncul itu mengarah kepada sesuatu yang sifatnya defense, atau bahkan perbuatan negative (seperti kriminal)? ; dan dari mana ia bisa mempelajari kepribadian-kepribadian yang lain dari dirinya???. 
24 wajah Billy karya Daniel Keys menceritakan tentang seorang yang bernama William Stanley Miligan, seorang tersangka dari  banyak kasus kriminal dalam sejarah Amerika pada akhir 1970-an yang dianggap tidak bersalah atas berbagai tindak kriminal dengan alasan tidak waras karena dia memiliki kepribadian majemuk.

Billy Maligan ditahan sebagai pelaku tindak pidana perampokan bersenjata, dan pemerkosaan di kampus Ohio State University. Berdasarkan kesaksian dari para korban akhirnya kepolisian setempat berhasil menangkap si pelakunya yang bernama Billy Milligan. Dalam proses penyiapan persidangan dari para pengacar yang ditugasi membela Billy, ditemukan bahwa Billy memiliki kepribadian majemuk dan beberapa dari kepribadian tersebut melakukan tindak kriminal tanpa diketahui oleh pribadi-pribadi lainnya.

Akhirnya Billy mendapatkan perawatan dari Dr. David Caul dan mendapati bahwa pribadi-pribadi dalam dirinya secara sukarela bersatu, pribadi-pribadi itu menemukan bahwa keahlian  yang mereka miliki sebagai  masing-masing individu kehilangan ketajamannya. Billy sering menyebut situasi ini dengan kalimat “gabungan semuanaya lebih sedikit daripada jumlah dari bagian-bagian yang ada”. Kemudian hal hal yang diajarkan oleh dokter David Caul kepada pribadi-pribadi Billy adalah untuk bisa mengkomunikasikan antar pribadi. Dr Caul berharap agar pribadi-pribadi yang ada pada Billy menyatu, dan berfungsi utuh, tak peduli jadi pribadi yang seperti apa, seorang ahli bisniskah, atau seorang ahli kriminal. Ke 24 kepribadian yang ada pada Billy yaitu:
1.      William Stanley Milligan (Billy), 26 tahun. Sosok pribadi asli. Tidak tamat Smu. Tinggi 180 cm, mata biru rambut coklat.
2.      Arthur. 22 tahun. Seorang yang rasional, tanpa emosi, berbicara dengna logat Inggris. Belajar sendiri ilmu fisika dan kimia, dan mempelajari ilmu kedokteran. Fasih membaca dan menulis arab. Berfikir Konserfatif dan menganganggap dirinya atheis.
3.      Ragen Vadascovinich, 23 tahun. Pengelola rasa benci. Berbicara bahasa Inggris denga logat Slavita yang jelas. Ahli senjata, seorang karateka. Pernah terlibat dengan penjahat dan pecandu obat.
4.      Allen, 18 tahun. Memiliki sifat manipulatif. Bisa memainkan drum, dan melukis.
5.      Tommy, ahli melepaskan diri dari segala macam kunci dan simpul ikatan, Sifatnya sering melakukan antisocial.
6.      Danny anak yang selalu ketakutan. Takut kepada orang lain, terutama kaum laki-laki.
7.      David, penanggung rasa nyeri. Amat peka denga intuisi.
8.      Christene. Anak yang menderita dyslexia senang meggambar dan mewarnai kupu-kupu.
9.      Christoper, abang Christine. Seorang penurut yang bermasalah.
10.  Adalama. Wanita lesbian
11.  Philip, penjahat yang brutal
12.  Kevin si perencana. Merencacnakan perapokan Toko obat Gray
13.  Walter, 22 tahun, Orang Australia. Menganggap dirinya sebagai pemburu binatang yang hebat.
14.  April, si perempuan beregsek. Berlogat Boston, Seseorang yang penuh gagasan terencana
15.  Samuel, 18 tahun Seorang Yahudi. Dialah satu-satu nya yang percaya kepada Tuhan
16.  Mark. Orang yang tidak memiliki inisiatif. Tidak berbuat apa-apa sebelum disuruh orang lain. Sering melakukan tugas berat yang monoton.
17.  Steve, 21 tahun. Si peniru gelagat-gelagat orang. Sambil meniru gerakan rang lain, dia menertawakan mereka.
18.  Lee, seorang Pelawak
19.  Jason orang yang sering melakukan tekanan untuk dirinya
20.  Robert, si pemimpi, seseorang yang terus menerus berhayal tentang bepergian dan bertualang
21.  Shawn. Seorang yang tuna rungu
22.  Martin, 19 tahun, seseorang yang suka pamer kemewahan
23.  Timothy, 15 tahun, seorang yang sering ketakutan
24.  Sang Guru, ingatan keseluruhan mucnul pada diri Billy ini. Seorang yang amat cerdas, peka dan punya rasa Humor. Dia yang menegerti keseluruhan dirinya.

Billy menerima kenyataan bahwa dirinya memang multi kepribadian. Tapi, Billy memutuskan untuk membuat kisah hidupnya menjadi sebuah buku agar menjadi sebuah pelajaran berharga bagi beberapa orang tua yang bertindak jahat pada anak-anak mereka. Daniel Keyes sebagai penulis ditunjuk sebagai orang yang nantinya memaparkan bagaimana kisah hidup Billy Milligan dan beberapa orang yang ada dalam kehidupannya. Namun, bagaimana dia akan memulai jika tokoh dalam diri Billy hanya menyampaikan serpihan-serpihan ingatan yang mereka miliki (http://nasional.kompas.com/read/2010/06/21/02153880/Mengulas.24.Wajah.Billy)

Dalam catatan akhirnya, Dr Daniel Keyes menuliskan bahwa subjek yang yang telah didagnosis berkepribadian majemuk terdapat perbedaan mencolok antara pribadi inti dan pribadi alter, serta satu pribadi dengan prbadi lainnya. Dalam perubahan gelombang otak subjek diketahui subjek memiliki ketidakseimbangan gelombang theta dan Delta pada belah otak kanan belakang. Dr Putnam mengatakan sebagai salah seorang yang membahas tentang berkepribadian majemuk mengatakan “Studi tentang kepribadian majemuk menawarkan kepada kita semua sesuatu yang terkait dengan kendali fikiran dan tubuh. Sesungguhnya para penderita kepribadian majemuk bisa saja merupakan satu dari sekian banyak eksperimen alamiah, yang lebih banyak hal kepada kita tentang diri kita sendiri.

Hikmah yang bisa dipelajari
Megetahui akan diri sendiri itu adalah sebuah kekuatan untuk bisa mengoptimalkan seluruh kemampuan dalam kehidupan. Tetapi dalam prosesnya, untuk mengetahui siap diri itu secara utuh tidaklah selalu mudah. Adakalanya kita harus bersinggungan  dengan orang lain, banyak berinstrospeksi, melihat orang lain/bercermin dengan kehidupan lain dan mengoptimalkan kemampuan.

Kisah Billy yang saya baca (walau hanya beberapa bagian) memberi pemaham itu. Bahwa sesungguhnya dalam diri kita itu terdapat beberapa pribadi yang berbeda. Kita tidak selalu bisa mengenali secara utuh siapa diri kita. Kemudian bentuk pendidikan yang kita terima waktu kecil sampai sekarang,  lingkungan, keluarga tempat kita tumbuh, langsung ataupun tidak memberikan andil dalam pribadi kita Karena itu untuk menjadikan sehat, maka pendidikan kita harus sehat (belajar yang benar, mempelajari yang benar) lingkungan dan kelurga kita harus memberikan contoh dan perilaku yang sehat (keamanan, kasih sayang, perhatian, dan lain-lain).

Selain itu, setiap perilaku yang mendasari seseorang itu memiliki sebab tertentu. Billy yang mengeleuarkann ke 24 keperibadian yang berbeda, mungkin dipicu oleh ketidakpuasan akan dirinya terhadap dirinya sendiri, atau respon sosial di sekelilingnya. Jadilah ia berubah-ubah menampakan kepribadian yang berbeda. Karena itu tidak selalu perbuatan yang kita anggap jahat (baca: kriminal) itu karena pelaku adalah orang jahat. Kita harus bisa memahami sesuatu secara konteksnya. Sebagaimana ketika jaman Khalifah abu Bakar, yang tidak memotong tangan (dalam hukum islam orang yang mencuri harus dipotong tangan) orang yang mencuri karena pencuri itu tidak memiliki harta dan kelaparan.

Sesekali kita juga harus bisa  berkatarsis, jangan memendam semua permasalahan fikiran dan perasaan ke alam bawah sadar (represi), karena ia akan menumpuk dan membuat sakit kita sendiri. Ketika kita berbagi, sebagai mana yang dilakukan Billy kepada penulis novel 24 wajah Billy ini,  yang Billy ini bersedia menceritakan seluruh kejadian dalam hidupnya, menujukan kebutuhan akan rasa berbagi, dan bisa menimbulkan kesadaran pribadi atas semua permasalahan dan jalan keluarnya bisa di dapat. Hal ini bisa menolong keadaan Billy selanjutnya. Berbagi akan memberikan keuatan tersendiri untuk kita bisa melepas dan meredakan permaslahan dalam hidup kita.