Pages

Kamis, 29 Mei 2014

Belajar dari Ibu Dorothy Law Nolthe

Lahir pada tahun 1924, Ibu Dorothy Law Nolte merupakan seorang  orang tua, pendidik, konselor keluarga, dan penulis terkenal dengan puisi inspirasional nya yang berjudul "Children Learn What They Live".  Puisi tersebut  Pertama kali diterbitkan pada tahun 1954, yang disisipkan dengan rapih, dicetak pada poster, dan didistribusikan kepada jutaan orang tua oleh pembuat susu formula bayi.  Dorothy Law Nolte meninggal pada 2005 pada usia 81. Warisan nya sebagai pendidik, orangtua, praktisi , dan konselor keluarga mengajarkan banyak orang tentang dinamika keluarga dan orangtua.

Children Learn What They Live

by Dorothy Law Nolthe

If children live with criticism, They learn to condemn. (Jika anak-anak dibesarkan dengan kritik, Mereka belajar untuk memaki.)

If children live with hostility, They learn to fight. (Jika anak dibesarkan dengan permusuhan, Mereka belajar untuk berkelahi.)

If children live with ridicule, They learn to be shy. (Jika anak dibesarkan dengan cemoohan, Mereka belajar untuk menjadi pemalu.)

If children live with shame, They learn to feel guilty. (Jika anak dibesarkan dengan rasa malu, Mereka belajar untuk merasa bersalah.)

If children live with encouragement, They learn confidence.(Jika anak dibesarkan dengan dorongan, mereka belajar percaya diri.)

If children live with tolerance, They learn to be patient.(Jika anak dibesarkan dengan toleransi, Mereka belajar untuk bersabar.)

If children live with praise, They learn to appreciate. (Jika anak dibesarkan dengan pujian, Mereka belajar untuk menghargai.)

If children live with acceptance, They learn to love.(Jika anak dibesarkan dengan penerimaan, Mereka belajar untuk mencintai.)

If children live with approval,They learn to like themselves. (Jika anak dibesarkan dengan dukungan, Mereka belajar untuk menyukai diri mereka sendiri.)

If children live with honesty, They learn truthfulness. (Jika anak hidup dengan kejujuran, Mereka belajar kebenaran.)

If children live with security,They learn to have faith in themselves and others. (Jika anak dibesarkan dengan keamanan,Mereka belajar untuk memiliki iman dalam diri mereka sendiri dan orang lain.)

If children live with friendliness,They learn the world is a nice place in which to live.(Jika anakdibesarkan dengan keramahan, Mereka belajar dunia adalah tempat yang bagus di mana untuk hidup.)