Pages

Rabu, 02 April 2014

9 TANDA KAMU ITU “ INTROVERT”



Oleh: Susan Krauss Whitborne., Ph.d
Alih Bahasa : Wildan Fauzan


Mungkin sulit mengatakan kepada diri sendiri bahwa Anda itu seorang introvert. Ketika kita berpikir tentang orang-orang yang introvert, kita sering salah menganggap bahwa mereka adalah orang-orang yang tidak suka orang. Namun, Susan Cain begitu efektif mengungkapkan kata ini dalam bukunya Quite, The Power of Introverts in a World That Can't Stop Talking, introverts can be warm, interested in others, and powerful in their own righ. Namun banyak stigma yang  menyebabkan orang lain cenderung memiliki kecenderungan untuk menolak atau menyangkal diri mereka sendiri.


9 tanda-tanda perilaku introvert ini dapat memberikan pengetahuan awal bagi Anda dalam mempelajari sifat-sifat dan sikap yang menunjukkan kepribadian Anda yang mungkin kurang berorientasi ke luar daripada yang Anda sadari. 


  1. Anda menikmati memiliki waktu untuk diri sendiri. Bila Anda memiliki kesempatan untuk istirahat, Anda lebih suka menghabiskan waktu untuk membaca, bermain video game, atau hanya mendengarkan musik. Waktu yang tenang penting untuk kesejahteraan (well-beig) mereka, meskipun ada banyak waktu Anda menikmati berinteraksi sosial. 
  2. Pemikiran terbaik Anda hadir ketika Anda sedang sendiri. Anda tidak menentang pertemuan kelompok atau diskusi , tetapi jika Anda ingin datang dengan solusi kreatif, Anda perlu beberapa waktu untuk bekerja dengan diri Anda sendiri . Memiliki kesempatan untuk merefleksikan diam-diam masalah yang akan dibahas dapat memungkinkan Anda untuk memaksimalkan kemampuan Anda dalam keterlibatan diskusi dengan ide orisinal Anda, yang bisa membuat Anda bisa merasa bangga. 
  3. Anda memimpin dengan baik ketika orang lain Self-starter. Meskipun keyakinan bahwa orang introvert tidak bisa melangkah dan menjalankan sesuatu hal  dalam situasi yang tepat dimana mereka jadi pemimpin. Jika dalam sebuah kelompok para anggotanya telah siap untuk memimpin dirinya sendiri, maka pemimpin introvert paling potensial menjadi bagian dari mereka. Namun, ketika kelompok perlu “percikan” pemicu oleh ketua nya yang introvert, mungkin ia tidak mampu memberikan bimbingan yang diperlukan tersebut. Anda akan perlu untuk bermitra dengan Yin Ekstrover ke Yang Anda . 
  4. Anda orang  yang terakhir untuk mengangkat tangan Anda ketika seseorang meminta sesuatu dalam sebuah  grup. Seperti yang Anda ingat di hari-hari sekolah dasar Anda, ada beberapa siswa rekan yang tangannya langsung menembakan ke udara ketika guru mengajukan pertanyaan atau membutuhkan seseorang untuk menjadi sukarelawan. Orang Ekstrovert cenderung siap dan bersemangat dalam setiap situasi akademis atau sosial. Jika Anda lebih introvert daripada extravert, Anda akan duduk kembali dan membiarkan orang lain mengambil sebuah bagian dalam sesuatu. Ini bukan berarti bahwa orang introvert memiliki pengetahuan yang kurang dari orang lain, mereka hanya tidak merasa butuh untuk menjadi pusat perhatian itu . 
  5. Orang lain menanyakan pendapat Anda. Orang introvert cenderung untuk tidak menyukai menjadi sukarelawan dalam situasi publik, atau menjadi relawan pendapat atau saran dalam pengaturan yang kurang umum. Entah itu diskusi keluarga di sekitar meja dapur atau rapat staf untuk memutuskan bagaimana memasarkan produk baru, orang-orang yang tinggi dalam introversinya akan menjaga pandangan hanya untuk mereka sendiri dan membiarkan orang extravert mengambil kontrol. Karena hal inilah, saran  Anda mungkin memang akan sangat dihargai. Ketika Anda terus-menerus bertanya "Bagaimana menurutmu?" Mungkin hal tersebut menunjukkan bahwa perilaku Anda dalam mengirimkan isyarat kepada orang lain melalui keinginan batin Anda untuk memfokuskan perhatian dan pikiran Anda ke dalam. 
  6. Anda sering memakai headphone ketika Anda berada dalam situasi publik. Apakah itu ketika Anda berjaan melalui stasiun bus yang penuh sesak atau hanya menavigasi jalan yang ramai. Jika Anda seorang introvert Anda kemungkinan besar tidak mencari banyak kontak dengan orang lain. Dalam dekade terakhir, jika Anda ingin menghindari berinteraksi dengan orang asing, Anda akan menjaga kepala Anda ke bawah dan melihat langsung di depan Anda. Sekarang Anda memiliki perlindungan tambahan untuk dapat bersembunyi di balik perlindungan headphone Anda (meskipun orang-orang tidak tahu Anda sedang mendengar musik atau tidak) . 
  7. Anda memilih untuk tidak terlibat dengan orang-orang yang tampaknya marah atau kesal. Anda mungkin mencoba untuk menghindari orang-orang yang tampak dalam suasana hati yang buruk. Menurut penelitian oleh psikolog University College London Marta Ponari menujukan bahwa orang-orang yang tinggi dalam introversi gagal untuk menunjukkan apa yang disebut " gaze-cuing effect (efek tatapan-isyarat)." Biasanya , jika Anda melihat gambar wajah seseorang pada layar komputer nampak dalam arah tertentu, Anda akan mengikuti pandangan orang itu dan karena itu merespon lebih cepat terhadap target visual di sisi layar daripada ketika tatapan seseorang dan target menunjuk dalam arah yang berlawanan. Introvert menunjukkan efek ini seperti orang extravert lakukan, tetapi jika wajah seseorang tampak marah, mereka tidak menunjukkan efek tatapan-isyarat. Hal ini menunjukkan bahwa orang-orang yang tinggi dalam introversi tidak ingin melihat seseorang yang nampaknya sedang “gila”. Ponari dan timnya percaya bahwa hal ini karena mereka lebih sensitif terhadap evaluasi yang berpotensi negatif. Jika Anda berpikir seseorang marah karena ada hubungannya dengan Anda, tatapan mereka nampak menjadi ancaman. 
  8. Anda menerima lebih banyak panggilan, sms, dan email, kecuali Anda tidak punya pilihan.Orang-orang yang tinggi dalam introversi tidak menjangkau secara sukarela ke lingkaran sosial mereka. Jika mereka memiliki beberapa menit waktu tambahan, mereka tidak akan melakukan panggilan hanya untuk melewatkan waktu dengan bersosialisasi. Demikian pula, mereka tidak menghasilkan email dan korespondensi tertulis lainnya melainkan hanya bereaksi terhadap komunikasi yang mereka terima dari orang lain . Hal Ini sangat mungkin jika Anda seorang pendiam sejati. Anda akan menghindari pekerjaan di mana Anda harus terlibat dalam penjangkauan seperti itu, seperti menjadi wakil telemarketing. Jika Anda tidak punya pilihan selain untuk memulai komunikasi, seperti ketika Anda mengundang orang untuk acara sosial, Anda akan cenderung untuk mengangkat telepon dan membuat panggilan dan lebih mungkin untuk mengirim permintaan Anda melalui dunia maya atau kantor pos. Hal ini mungkin berhubungan dengan keinginan untuk tidak dievaluasi. Dengan memanggil orang lain, Anda berisiko diberitahu "tidak" secara pribadi , yang memmungkinkan Anda menemukan demoralisasi . Ketika permintaan terjadi tidak serempak  (tidak secara real time), Anda mungkin mendapatkan penolakan tapi dengan cara yang memungkinkan Anda untuk menyelamatkan muka, jika tidak harga diri. 
  9. Anda tidak memulai pembicaraan kecil dengan penjual atau orang lain atau siapapun yang Anda memiliki kontak biasa dengannya. Hampir mustahil bagi Anda untuk membayangkan diri Anda menjadi seperti individu cerewet di depan Anda dalam antrean di supermarket yang bercakap-cakap dengan semua orang tentang cuaca . Jika Anda terlambat atau stres, informasi ini Anda tidak "bocor " kepada orang-orang di sekitar Anda tapi malah berpikir diam-diam untuk diri Anda merenungkan penderitaan Anda . Anda mungkin merasa bahwa hal tersbut bukan urusan anda, tapi Anda sendiri, atau Anda dapat memilih untuk keluar dari bad mood Anda melalui strategi -penghilang stres pribadi Anda sendiri. Salah satu jalan lain, orang tidak benar-benar tahu bagaimana Anda merasa atau berpikir pada saat tertentu, kecuali jika Anda merasa cukup dekat dengan mereka untuk berbagi refleksi pribadi Anda ini.

Menjadi seorang introvert pasti memiliki kelebihan. Anda cenderung untuk tidak membuat kesalahan sosial, seperti dengan sengaja menghina seseorang yang pendapatnya tidak setuju dengan Anda. Sebab Anda menikmati merenungkan pikiran Anda sendiri, Anda akan merasa tidak bosan daripada seseorang yang membutuhkan stimulasi sosial. Satu-satunya risiko yang Anda hadapi adalah bahwa orang-orang yang tidak tahu Anda mungkin berpikir Anda menyendiri atau bahwa Anda merasa lebih unggul dari orang lain. Memberikan ruang dalam diri Anda untuk menjadi sedikit lebih terbuka dalam mengungkapkan pikiran dan perasaan akan dapat membantu Anda membuat yang terbaik, yang benar benar berguna untuk kepribadian Anda, dan tidak terlihat seperti anti sosial.


Jika di sisi lain, Anda adalah seorang extravert, Anda mungkin mendapatkan keuntungan dari berlatih introversi kecil dalam hidup sehari-hari Anda. Lihatlah bagaimana rasanya tidak menjadi orang yang pertama untuk berbicara, mengambil alih, atau menawarkan pendapat Anda. Ada kemungkinan bahwa membiarkan diri Anda untuk memasuki dunia  introvert dapat membantu Anda mengalami dunia dengan cara baru, cara yang lebih reflektif.


Versi bahasa Inggris:

http://www.psychologytoday.com/blog/suffer-the-children/201202/why-you-need-know-what-your-partner-wants-most