Pages

Kamis, 17 April 2014

Introvert. Kenapa Harus Minder?



Setiap orang memiliki hal positif dalam dirinya, dalam kepribadiannya, yang mungkin berbeda antar satu orang dengan orang lain. Misalnya saja orang yang sedikit tertutup (introvert), dibalik sifat tertutupnya itu ia memiliki hal positif yang memungkinkan dia menjadi seorang pemimpin yang baik. Hal tersebut diantaranya:

  1. Seorang yang Introvert selalu merencakan segala sesuatu dengan benar. Seorang pemimpin Introvert memiliki keterampilan bagus dalam membuktikan kebenaran sesuatu dan mempersiapkan apapun yang dibutuhkan oleh karyawannya.
  2. Seorang yang Introvert itu sangat perhatian. Ketika seseorang berbicara dengan seorang introvert, ia akan benar-benar memberi perhatian dengan penuh. Kemampuan ini merupakan kemampuan yang benar-benar perlu dimiliki oleh seorang pemimpin sehingga ia bisa lebih paham apa yang disampaikan oleh karyawannya, dan menjadikannya  dasar untuk berbuat sesuatu yang terbaik dari apa yang ia pahami 
  3. Seorang yang introvert selalu mendorong dirinya berjuang dengan keras. Alasan ini membeuat seorang pemimpin introvert menjadi seorang yang besar. Mungkin karena kurangnya rasa aman  dan tidak cepat puas, seorang pemimpin introvert ini mendorong dirinya lebih keras dan lebih baik. Kemampuan seperti ini merupakan kualitas yang harus dimiliki seorang pemimpin untuk mendekati kesuksesan yang ia harapkan. 
  4. Seorang yang introvert mungkin kurang dalam mengambil resiko. Tap dengan tidak mengambil banyak resiko ia tetap fokus dengan tujuan dan visi yang telah ia buat 
  5. Seorang yang Introvert merupakan seorang analisis yang baik. Ia selalu menganalisis berbagai kemungkinan dan memastikan  bahwa tindakannya yang dilakukannya itu benar. 
  6. Seorang yang introvert itu Rasional. Ketika ia dihadapkan oleh pertanyaan-pertanyaan yang membutuhkan jawaban yang tepat ia memberi jeda waktu untuk memikirkan jawaban yang tepat dan rasional. Inilah salah satu bentuk kecerdasan yang dimiliki oleh seorang Introvert

Mengenali siapa kita, kelebihan dan kekuarangan kita, serta memaksimalkan apa yang kita miliki tersebut tentunya akan membuat kehidupan kita semakin bermakna. Setiap potensi yang kita miliki ini tentunya adalah anugerah Allah yang benar-benar tepat dan dibutuhkan oleh kita. Jangan mudah untuk mengeluh karena apa  yang kita miliki berbeda dengan orang lain. Carilah hal positif yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan proses terbaik yang bisa kita lakukan.

Allahu’alam
Hasbunallah wanikmal wakil

Bahan Bacaan:
Prichard, S. (2014). How Introverts Can Be Great Leaders. http://www.skipprichard.com/how-introverts-can-be-great-leaders/ (Akses:17 April 2014)