Pages

Minggu, 26 Oktober 2014

Meningkatkan Kesehatan Psikologis


Banyak stresor yang bisa membuat kita jatuh dan berujung sakit. Penyakit psikologis tidak kalah berbahayanya dengan  penyakit bagi fisik. Untuk itu, beberapa hal berikut bisa meningkatkan kesehatan psikologis kita.

  1. Bersyukur. mengungkapkan rasa syukur - menghargai apa yang kita miliki, atau berterima kasih kepada seseorang membuat kita merasa lebih baik dan lebih optimis,  meningkatkan empati, dan, membuat perasaan lebih baik.
  2. Tertawa dan merasa bahagia. Tertawa mungkin bukanlah obat terbaik, tapi hal itu  bisa membuat kita merasa lebih baik. Tertawa bisa meningkatkan energi, dan meredakan stress. Bahkan hanya dengan tersenyum kita dapat meningkatkan perasaan bahagia. Selain itu, tertawa dapat meringankan situasi tegang, atau membuat orang lain merasa lebih baik.
  3. Beristirahat sejenak. Menghadiahi diri kita dengan istirahat adalah cara cepat untuk mendapatkan perasaan lega
  4. Berfokus pada hal-hal yang positif. Tidak jarang kita merasa cemas karena kita lebih banyak memikirkan kemungkinan negatif yang akan menimpa kita, padahal, hal-hal yang ada dalam fikiran kita itu belum tentu benar. Ketika kita banyak memikirkan hal-hal negatif, psikologis kita akan terbebani dan membuat diri kita lemah, bahkan bisa saja membuat kita jatuh.
  5. Mengunjungi orang yang ingin kita temui. Melepas rindu dengan orang yang ingin kita temui bisa membuat kita lebih tenang dan nyaman. Interaksi yang kita lakukan saat menemui orang yang ingin kita temui itu membangunkan harapan-harapan yang bisa membuat psikologis kita semakin sehat. Kita semakin bahagia,dan semakin bahagia kita, semakin sehatlah kita.
  6. Menghabiskan waktu dengan orang-orang yang dikasihi. menghabiskan waktu dengan Orang tua, pasangan, atau anak, tentunya membawa kesan psikologis tersendiri. menghabasikan waktu dengan orang terkasih mengarahkan kita pada kenangan positif yang akan membawa kita melalui masa sulit di masa depan.
  7. Menjadi Sukarelawan. Membantu orang lainberbagi emosi positif dengan nya, merupakan unsur-unsur yang mengarah pada kehidupan yang positif dan sehat secara psikologis. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk kita bisa mendapatkan hal tersebut. Kita jalan ke luar, membantu orang lain, menjadi sukarelawan di acara-acara sosial tentunya bisa menjadi alternatif untuk kita bisa mendapatkan kesehatan psikologis kita.
  8. Melakukan Hobi yang kita senangi. Setiap orang memiliki beragam hobi yang unik, seperti membaca, menulis, menyanyi, bermain musik, dan lain-lain. Memanfaatkan waktu dengan melakukan hobi yang kita senangi tentunya membantu psikologis kita semakin baik. Selain itu, bagi sebagian wanita, berbelanja (dengan kadar yang wajar) tentunya  mempunyai nilai lebih bagi keadaan psikologisnya.
Kesehatan psikologis kita memang sangat erat kaitannya dengan sikap kita terhadap diri kita, terhadap orang lain, dan terhadap pencipta kita. Semakin kita bisa menyuguhkan sikap dan kualitas terbaik untuk diri kita, untuk orang lain, dan untuk pencipta kita, kesehatan psikologis kita semakin baik. 
Akhirnya, Semoga Allah menjadikan kita sebagai seorang hamba yang senantiasa diberi kesehatan dan kemampuan untuk menjalankan kebaikan serta kebenaran. Allahu'alam.

Hasbunallah wanikmal wakil