Pages

Jumat, 24 Oktober 2014

Proktastinasi bikin sehat, benarkah?

Setiap orang pasti pernah menunda-nunda pekerjaannya, sampai ia termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaannya di waktu-waktu akhir. Mungkin bagi beberapa orang, meneyelesaikan pekerjaan di akhir-akhir waktu itu bisa membuat pekerjaannya lebih bagus. Seorang kartunis  Bill Waterson pernah mengatakan "You can't just turn on creativity like a faucet. You have to be in the right mood. What mood is that? Last-minute panic," maksudnya Anda tidak bisa mengaktifkan kreativitas layaknya sebah keran air. Anda harus berada dalam suasana hati yang tepat. Apa suasana hati itu? kepanikan di detik-detik akhir.

Prokrastinasi atau penundaan merupakan sebuah kondisi psikologis dimana seseorang tidak termotivasi untuk melakukan pekerjaanya. Hal ini bisa disebabkan oleh kurangnya kepercayaan diri (seperti tidak berani mencoba) atau beban tugas yang terlalu besar. Tidak jarang, karena seringnya menunda-nunda, seseorang mengalami kekecewaan akan hasil yang didapatkan nya.

Tapi di sisi lain, penundaan bisa memberikan dampak yang baik. Dengan penundaan, kita memilikienergi lebih, kita mempunyai waktu  untuk lebih bersantai, melakukan kegiatan-kegiatan lain yang positif, mengasah keterampilan-keterampilan lain, ataupun berhubungan dengan orang lain. Seorang profesor Psikologi di California Polytechnic State University at San Luis Shawn Meghan Burn, Ph.D  (2014) mengatakan bahwa "Too much productivity can harm productivity" bahwa kebanyakan melakukan daya produktif dapat membahayakan produktivitas itu sendiri. Manusia perlu mengembalikan energinya dengan beristirahat untuk mengumpulkan kekuatannya yang lain. Tanpa melakukan perbaikan, kita bisa mengalami mengalami ketidak berdayaan dalam pekerjaan (burn out).

Pada akhirnya, kebanyakan beraktivitas tidak selalu baik, karena dapat menguras banyak energi sehingga hasil yang diharapkan meleset. Tetapi kebanyakan menunda pun tidak baik, karena akan membebani psikologis yang lebih berat. Segala yang berlebihan memang akan berujung pada hal-hal yang tidak baik. Untuk itu lakukanlah apa yang bisa dilakukan, lakukan sesuai dengan kemampuan, dan apabila kita sudah tidak sanggup berisitirahatlah, berserah dirilah. Biarlah energi yang lebih besar memberikan kekuatanNya untuk membantu usaha maksimal kita.

Allahu'alam
Hasbunallah wanikmal wakil
Ditulis di kamar, 1 Muharam 1436 H