Pages

Rabu, 05 Desember 2012

Rangkuman Teori Allport


1.      Manusia dewasa normal adalah makhluk rasional yang dikendalikan terutama oleh niat sadar yang berakar pada masa sekarang dan masa depan, bukan di masa lalu.
2.      Kepribadian adalah fenomena dinamis yang memiliki elemen psikologis dan fisiologisSelalu mengalami pertumbuhan dan perubahan, memainkan peran aktif dalam fungsi individu.
3.       Sifat (traits) adalah struktur neuropsikis  yang menyebabkan orang berperilaku dengan cara yang konsisten dari waktu ke waktu dan dalam merespon rangsangan.
4.      The common trait (Sifat umum) merupakan karakteristik yang dimiliki oleh banyak orang; The Personal Disposition (disposisi pribadi) adalah manifestasi dari sifat umum dalam individu tertentu.
5.      Sifat memiliki kekuatan motif, tetapi beberapa hanya berfungsi untuk memandu perilaku yang sudah diatur dalam gerakan, yang lainnya memulai perilaku, memimpin orang untuk mencari situasi tertentu dan untuk berperilaku dengan cara tertentu.
6.      Dalam kasus yang jarang terjadi, seseorang memanifestasikan cardinal disposition (disposisi kardinal) yang mencirikan gaya hidup keseluruhan. Lebih umum, seseorang dapat dijelaskan oleh lima sampai sepuluh central disposition (disposisi pusat). Seseorang juga ditandai dengan secunder dispostion (disposisi sekunder), tetapi ini kurang umum dan kurang penting untuk deskripsi kepribadian.
7.      Functional autonomy (Otonomi fungsional) memegang kegiatan yang diberikan atau tujuan perilaku atau tujuan dalam diri mereka sendiri, meskipun mereka awalnya terlibat dalam alasan lain. Meskipun banyak perilaku berlanjut di masa dewasa beroperasi atas dasar prinsip-prinsip belajar yang sederhana, ukuran kedewasaan adalah sejauh mana motif seseorang menjadi otonomi fungsional.
8.      Indikator terbaik tentang bagaimana orang akan berperilaku di masa kini dan masa depan adalah niat – rencana mereka serta  tujuan mereka
9.      Di suatu tempat dalam masa perkembangan dari bayi ke dewasa, transformasi lengkap terjadi.  Motif memandu perbedaan perilaku orang dewasa dan perilaku bayi.
10.  Orang dewasa yang sehat ditandai dengan serangkaian sifat terorganisasi dan kongruen yang berfungsi sebagian besar sadar dan rasional. Ciri-ciri ini mengandalkan kekuatan motif mereka dari aspirasi propriate, dengan demikian, untuk memahami orang dewasa, kita harus memahami tujuan dan aspirasinya.
11.  Orang selalu dalam proses menjadi lebih menyatu. Pasukan pemersatu yang paling penting adalah fungsi propriate; di antaranya, adalah goal striving (bekerja mencapai tujuan), yang menyusun kepribadian.
12.   Meskipun pendekatan antara  idiographic dan nomotetis  pada penelitian penting, pekerjaan lebih dibutuhkan dalam mengembangkan teknik penelitian idiographic.
13.   Karya Allport dan rekan-rekannya pada gerakan ekspresif telah mengungkapkan konsistensi antara perilaku ekspresif juga. sebagai kesesuaian gerakan ekspresif dan sifat, sikap, dan aspek lain dari kepribadian "batin".


Hall, C.,Lindzey, G. 1985. Personality Theories. NewYork: Jhon Wiley Sons