Pages

Jumat, 19 April 2013

THE LEARNER-CENTERED PSYCHOLOGICAL PRINCIPLES


Prinsip-Prinsip Pembelajaran Berpusat (Learning-Centered)*

FAKTOR KOGNITIF DAN METAKOGNTIF
Prinsip 1: Sifat proses pembelajaran. Pembelajaran yang paling efektif adalah proses yang disengaja untuk membangun makna dari informasi dan pengalaman.
Prinsip 2: Tujuan dari proses pembelajaran. Keberhasilan pelajar, dari waktu ke waktu dan dengan dukungan dan bimbingan instruksional, dapat menciptakan makna, gambaran logis pengetahuan.
Prinsip 3: Membangun pengetahuan. Keberhasilan peserta didik yaitu ketika ia dapat menghubungkan informasi baru dengan pengetahuan yang ada dalam cara yang penuh arti.
Prinsip 4: Pemikiran strategis. Pembelajaran dikatakan berhasil jika ia dapat membuat dan menggunakan berpikir repertoar dan strategi penalaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang kompleks.
Prinsip 5: Berpikir tentang berpikir. Strategi urutan yang lebih tinggi untuk memilih dan memantau operasi mental dalam memfasilitasi pemikiran kreatif dan kritis.
Prinsip 6: Konteks pembelajaran. Belajar dipengaruhi oleh faktor lingkungan, termasuk budaya, teknologi, dan praktik instruksional.

FAKTOR MOTIVASI DAN AFEKSI
Prinsip 7: Motivasi dan pengaruh emosional pada pembelajaran. Motivasi pelajar mempengaruhi  Apa dan berapa banyak yang dipelajari. Motivasi untuk belajar, pada gilirannya, dipengaruhi oleh bagian-bagian emosional individu, keyakinan, minat, tujuan, dan kebiasaan berpikir.
Prinsip 8: Motivasi intrinsik untuk belajar. Kreativitas pelajar, berpikir tingkat tinggi, dan rasa ingin tahu alami semua berkontribusi terhadap motivasi belajar. Motivasi intrinsik dirangsang oleh tugas baru, kesulitan, sesuai dengan kepentingan pribadi, menyediakan pilihan pribadi, serta kontrol pribadi.
Prinsip 9: Pengaruh motivasi dalam usaha. Perolehan  pengetahuan yang kompleks dan keterampilan membutuhkan usaha lebih dari pelajar dan panduan praktek (Guide practice). Tanpa adanya motivasi peserta didik untuk belajar, kemauan untuk mengerahkan usaha,  semua ini tidak mungkin berjalan tanpa adanya paksaan.

FAKTOR PERKEMBANGAN  DAN SOSIAL
Prinsip 10: Pengaruh Perkembangan pada belajar Sebagai perkemabngan individu, mereka menemukan kesempatan yang berbeda dan mengalami kendala yang berbeda untuk belajar. Belajar paling efektif bila perkembangan diferensisasi di dalam dan di domain fisik, intelektual, emosional, dan sosial diperhitungkan.
Prinsip 11: Pengaruh sosial pada pembelajaran. Belajar dipengaruhi oleh interaksi sosial, hubungan interpersonal, dan komunikasi dengan orang lain.

FAKTOR PERBEDAAN INDIVIDU 
Prinsip 12: Perbedaan individu dalam pembelajaran. Peserta didik memiliki strategi yang berbeda, pendekatan, dan kemampuan untuk belajar yang merupakan fungsi dari pengalaman sebelumnya dan dari bawaan (hereditas).
Prinsip 13: Belajar dan keragaman. Belajar paling efektif bila perbedaan dalam linguistik, budaya, dan sosial latar belakang peserta didik diperhitungkan.
Prinsip 14: Standar dan Penilaian. Menetapkan standar tinggi dan tepat menantang dan menilai pelajar dan kemajuan belajar ---termasuk diagnostik, proses, dan hasil penilaian---merupakan bagian integral dari proses pembelajaran.

*Summarized from the APA Work Group of the Board of Educational Affairs (1997, November). Learner-centered psychological principles: Guidelines for school reform and redesign. Washington, DC: American Psychological Association.