Pages

Selasa, 07 Agustus 2012

Dari Bagaimana ke Penerapan

Perubahan adalah keniscayaan. Begitupun dalam kehidupan individu, perubahan itu pasti akan selalu dialami oleh setiap individu, baik itu perubahan yang sifat nya biologis (tumbuh) atau pun yang bentuknya psikis (berkembang). Keniscayaan itulah yang saya rasakan hari ini. Seharian bercengkrama dengan buku, saya menyadari bahwa ketertarikan terhadap tema buku berubah (walaupun tidak berubah secara ekstrim).  Saya dulu senang membaca buku psikologi yang menjelaskan tentang bagaimana (how to), misalnya buku quantum learning, aclereated learning,  dan lain-lain. Nah sekarang seiring bertambahnya usia, saya lebih tertarik dengan buku yang isinya berkaitan dengan kehidupan sosial, ketatanegaraan, ataupun buku-buku ilmiah/penelitian. Kemudian, dulu pas mau lebaran tiba, saya menanti nanti waktu dimana berkumpulnya keluarga besar, dan sekarang menjelang lebaran perasaan-perasaan itu belum muncul kembali (kalo yang ini entah karena memang perubahan psikis, ataukah memang saya berubah menjadi kurang peka). Dulu saya tidak berani berbicara di muka umum, sekarang berani. 

Dulu pemahaman itu saya dengar hanya dari perkataan orang (qiila wa qoola) mentah-mentah, tanpa dipertanyakan, sekarang seiring bertambah usia dan berkembangnya kepekaan alat berfikir, saya mulai bisa mencari dengan membaca atau menyaring apa yang dikatakan orang lain, dan memaknai kejadian yang terjadi.

Hidup adalah peruahan yang pasti berubah walaupun kita tidak berubah dan hanya akan digilas oleh perubahan itu sendiri. Jika tidak ingin digilas perubahan, maka kita pun harus berubah.

Maha Suci Allah yang telah menganugerahkan kemampuan kepada kita,,,,  semoga Allah memberikan kebarokahan dengan kemampuan kita tersebut. 

AKhir kata, perubahan adalah sebuah kepastian, karena  itu, perubahan kita haruslah diarahkan untuk perubahan yang positif, perubahan yang berlandaskan fitrah hidup manusia, fitrah yang mengarahkan kita semakin mengenal siapa pencipta kita. Perubahan adalah bahasa kasih Allah yang harus bisa kita pahami dalam kehidupan ini.

Allahu'alam
hasbunallah wanikmal wakil