Pages

Senin, 06 Agustus 2012

Renungan

Ibadah jangan dipandang sebagai sebuah penggugur kewajiban saja, tapi ibadah harus bisa kita pandang sebagai suatu kebutuhan dalam kehidupan kita. Karena itu, ibadah kita harus dilakukan sesuai dengan tuntunan, dengan niat karena Allah.

Jalaluddin Rakhmat dalam renungan-renungan sufistiknya (Munadi, 2012, hal.9) menuliskan bahwa, setiap ibadah (sholat, puasa, dan lain-lain) di dalamnya terkandung apa yang kita sebut sebagai pesan moral. bahkan begitu mulianya pesan moral ini, sampai-sampai Rasulullah SAW. menilai suatu ibadah itu dinilai dari sejauh mana kita menjalankan pesan oralnya. Apabila ibadah itu tidak meningkatkatkan Akhlak kita, Rasulullah menganggap bahwa ibadah itu tidak bermakna

Dari catatan Jalaluddin rakhmat di atas, poin penting yang bisa kita ambil yaitu "ibadah harus memberikan dampak perubahan kepada Akhlak kehidupan kita". Perubahan akhlak itu bisa terjadi ketika kita bisa memberikan pemaknaa pada ibadah yang kita lakukan. 

Karena itu mulai sekarang, mari kita berusaha untuk memaknai apa-apa yang kita lakukan, dan mengambil pesan moral dari ibadah yang kita lakukan.

to be continued...

Sumber Bacaan:
Munadi. 2012. Pesan Moral Bagi yang Melaksanakan Ibadah Saum. Media Pembinaan No.16/xxxix kemenag prov jabar 9-10.