Pages

Jumat, 03 Agustus 2012

Karakter???

Dalam fikiran saya hari ini saya bertanya-tanya tentang apa itu karakter? dan kenapa kita harus mempunya karakter? dan karakter apa yang memang harus kita punyai?

Perlu pembahasan dan penelaahan yang panjang untuk bisa  menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas tadi. pertanyaan tersebut hadir memang tidak lepas dari apa yang saya baca hari ini.  saya membaca sebuah buku hari ini. inti bacaannya adalah bagaimana kita bisa mengolah rasa lewat apresiasi seni (wayang, tari, dan karawitan). Agar menjadi pribadi yang sehat, kita harus pandai untuk mengolah fikir, mengolah raga, dan juga mengolah rasa. Kemudian saya kutip pernyataan menarik dari apa yang saya baca tersebut (saya jadikan status Facebook). berikut kutipanya:

"Seni merupakan media yang berpotensi untuk mencairkan sekat-sekat hubungan antar manusia yang beragam, baik itu usia, status sosial, status ekonomi, profesi, maupun etnis. Dengan Apresiasi, seni diharapkan mampu untuk menumbuh kembangkan nilai-nilai emosional dan spiritual pada diri seseorang, sehingga bisa menghasilkan pribadi-pribadi yang berkarakter, pribadi yang mampu mengambil keputusan dalam kerangka kehidupan pribadi maupun komunitas. (Prihartanti, 2012)"

Manusia tidak bisa dilepaskan dari apa yang dinamakan pilihan. Atas dasar itu, pertanyaan pertama saya tentang apa itu karakter, saya mengambil sebuah kesimpulan bahwa  seseorang yang berkarakter adalah seseorang yang mampu untuk mengambil keputusan. Tapi tidak hanya asal mengambil keputusan, tapi juga keputusan yang diambil tersebut merupakan hasil dari sebuah pertimbangan dan atas dasar nilai-nilai positif kehidupan. Orang yang berkarakter juga adalah orang yang konsisten dengan perinsip yang menjadi pegangan  hidupnya. Pegangan hidup tersebut adalah bagian dari nilai-nilai hidup yang berharga (nilai agama, nilai seni dan lain-lain).

Pertanyaan kedua tentang kenapa kita harus memiliki karakter, saya berpendapat bahwa agar kita bisa menemukan jalan utama. jalan utama itu adalah jalan yang bisa mengantar kita terhadap arah tujuan hidup kita yang sebenarnya, arah hidup yang mengantarkan kita ke arah kebahagiaan. dan pertanyaan ketiga banyak referensi yang bisa kita jadika acuan, misalnya tentang 7 karakter yang dicetus oleh Steven Covey.. itu juga bisa dijadikan acuan tenatng karakter-karakter ideal yang perlu kita miliki.


Akhir kata, tulisan ini hanya sekedar perenungan dan pendapat saya hari ini. Benar atau tidaknya tergantung karena ini hanya pendapat. Kebenaran sejati itu adalah milik Allah, dan saya serahkan segala urusan kepada Allah. Hasbunallah wanikmal wakil, nikmal maula wa nikmannaasir.