Pages

Senin, 06 Agustus 2012

Rapa Rupa

"Lebih baik tutup saja FB nya, dari pada membuatmu merasa bad mood." 

rajin-rajin membuka facebook (FB) atau jejaring sosial lain, tidak selalu membuat mood kita menjadi baik. Facebook atau yang sejenisnya merupakan sebuah wadah katarsis banyak orang. Isinya bisa berupa kata-kata, foto-foto, video-video, yang menceritakan sebuah berita, atau keadaan  emosi seseorang, atau hanya sekedar  narsis dan eksis saja. Isinya tidak selalu bernada positif, tapi kadang (atau mungkin juga banyak) yang isinya hanya sekedar keluhan, atau nada-nada negatif yang gak jelas. Itu semua harusnya menjadi lahan perhatian kita, karena pribadi yang sehat itu selalu terbiasa untuk menyampaikan hal-hal yang positif. Sebab itulah Keseringan baca kalimat-kalimat negatif itu tidak baik, karena lambat laut kita pun bisa terkena imbasnya. Emosi itu menular!

Selain itu, ketika hati kita sedang kalut (atau yang sedang sensi tingkat tinggi), membaca atau melihat postingan-postingan "galau" atau gambar-gambar gak jelas akan meningkatkatkan ketidak jelasan perasaan kita, sehinggga kekalutan itu terus berkelanjutan. Gak percaya? coba aja .. (walaupun terkadang FB bisa dijadikan ajang katarsis pribadi, yang bisa membuat reda emosi.)

Kemudian, bagi yang  memiliki/merasa pribadi yang tertutup (introvert) membuka FB akan membuat perasaannya rendah diri, karena melihat berbagai aktifitas yang tidak biasa dilakukannya. Tuntutan pergaulan yang semakin luas dan perasaan ketidakmampuan untuk menyeimbangkan dengan tuntutan itulah yang menyebabkan rasa rendah diri itu muncul.

jadi, berhati-hatilah dalam berFban. kalo Fban atau yang sejenisnya lebih sering membuat perasaan kita jadi jelek (bad mood) tinggal kan saja itu! Perkara yang baik adalah perkara yang bisa membuat perilaku kita semakin baik.*  ^^

* ini semua sih pendapat saya, (hanya sekedar apriori).. benar atau tidak nya tergantung sudut pandang masing-masing. hehe.. tetap bersyukur dengan apa yang ada, kemudian memandang kehidupan dari berbagai sedut pandang bisa membantu menyelesaikan permasalahan psikologis yang ada pada diri. selamat bergembira! salam sehat, cerdas, dan semangat! :D