Pages

Senin, 03 Maret 2014

Belajar Proses

Aku melihat berbagai hal
tapi aku tak bisa mencerna semua
hanya sebagian kecil yang kulihat yang bisa kupahami
dan sebagian kecil dari yang kecil ini pun hanyalah pemahaman kecil
Pemahaman akan proses
bahwa setiap bagian kehidupan manusia adalah proses
setiap yang dijalaninya adalah proses
setiap perkembangannya adalah proses
setiap masalahnya adalah proses
dan  dunia ini semuanya adalah proses
tak ada hasil
karena pemahamanku memahamkan bahwa hasil tidak akan ada sekarang
ia akan ditemui nanti, di kehidupan selanjutnya
karena pemahamanku itu, aku mengajak diriku untuk menikmati setiap proses yang ada
setiap masalah yang ada
setiap perkembangan yang ada
dan berusaha berproses untuk tetap baik dan semakin baik

Sukahurip, 3 Maret 2014

Sebuah catatan tanggal 18 Desember 2013
Masalah itu tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia, karena masalah tidak akan pernah selesai sampai semua yang ada di muka bumi ini selesai. Jadi nikmati saja semua.

Pendidikan bagi manusia adalah serangkaian usaha. Jadi yang wajib dijalankan dalam pendidikan adalah usaha. Masalah hasil bukanlah tanggung jawab manusia.

Mengajarkan itu sebenarnya belajar. Pemahaman ini saya dapat dari perenungan ketika Saya memperhatikan kegiatan "Manasik haji" yang dilakukan anak-anak Taman Kanak-kanak (TK) di alun-alun Ciamis pagi ini. Mungkin tujuan dari kegiatan ini adalah usaha untuk mengenalkan ritual ibadah bagi anak-anak, sehingga anak-anak bisa menyukai kegiatan nya. Tapi kalo urusan mengajarkan ke detail (tata cara peribadatan) mungkin terlalu berat bagi anak, dan kapasitas kognitif nya pun belum bisa menangkap itu dengan baik. Tapi di samping itu semua, yang penting ada sesuatu yang bisa dipelajari, baik buat anak atau orang tuanya. Menurut saya dalam kegiatan anak tersebut itu yang belajar sebenarnya adalah orang tua, orang tua yang mengantarkan anak-anaknya mengikuti kegiatan itu. Orang tua yang diajari cara-cara peribadatan haji, dan bagi anak mungkin hanya mencari rasa senangnya saja (misalnya karena banyak teman yang ikut, banyak yang jualan sehingga bisa jajan. Tapi mudah-mudahan bukan menjadi pemahaman yang tertanam pada diri anak nyampe dewasa kalo berhaji itu adalah sarana senang-senang, arena untuk menujukan prestisius untuk memuaskan kesenangan :D. PENDIDIKAN ADALAH PROSES BUKAN LAH HASIL). Jadi saat orang tua berusaha mengajarkan tatacara ibadat haji sebenarnya ia juga belajar dan mempelajari proses itu.

Hasbunallah wanikmal wakil